Pemesanan : Telp / WhatsApp : 0812.8548.2719 ***Discount Everyday!***

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM

Prof. H.M. Arifin, M.Ed.
Terbitan :  Bumi Aksara, 266 hlm.
Tahun : 2003
Harga : Rp. 71.000,- disc 10% Rp. 63.900,-




Sinopsis

Buku ini ditulis untuk mendeskripsikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh dunia pendidikan Islam di Indonesia. Penulis, dalam setiap pembahasannya mencoba untuk senantiasa mengurai setiap persoalan pendidikan, menganalisis, dan memecahkannya dengan pendekatan multidimensi.


Pembaca juga disuguhi berbagai model penelitian di bidang pendidikan. Ini sangat penting, mengingat ilmu pengetahuan, terutama yang bersifat empirik tidak dapat berkembang secara baik kecuali melalui aktivitas penelitian.

Model-model penelitian yang dipaparkan buku ini berupa kerangka teori dan informasi hasil penelitian yang akan menjadi landasan berpikir dan bekerja calon peneliti. Sehingga diharapkan dapat menjadi dorongan untuk melakukan penelitian lanjutan.

Penulis buku ini (alm), Prof. Muzayyin Arifin, dikenal sebagai salah satu orang yang concern dengan persoalan pendidikan, terutama pendidikan Islam. Hidupnya diabdikan sepenuhnya untuk kemajuan pendidikan yang menjadi pilar utama untuk kemajuan peradaban umat manusia.

Daftar Isi :

BAGIAN I
PROBLEMA KONSEPTUAL TEORITIK PENDIDIKAN ISLAM
Bab 1 Problematika Pendidikan Islam Masa Kini dan Masa Akan Datang
Bab 2 Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam sebagai Disiplin Ilmu
Bab 3 Model-Model Pendidikan Islam dan Orientasinya
Bab 4 Krisis Pendidikan Islam

BAGIAN II
PROBLEMA PENDIDIKAN ISLAM DALAM DINAMIKA MASYARAKAT
Bab 5 Strategi Pembangunan Pendidikan Agama ( Islam ) dalam Upaya Mengantisipasi Perkembangan Iptek
Bab 6 Pergeseran Nilai dalam Kehidupan Sosial Budaya dan Pendidikan ( Sebuah Tinjauan dari Aspek Agama,Kultural, dan Psikososial )
Bab 7 Sistem dan Metode Pendidikan Islam dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup Umat Islam Indonesia
Bab 8 Fungsi Majelis Taklim di Tengah Pesatnya Pembangunan
Bab 9 Pendekatan Kultural Edukatif terhadap Agama dan Perkembangan Sosial Budaya

BAGIAN III
MODEL-MODEL PENELITIAN DALAM PENDIDIKAN
Bab 10 Model-Model Kegiatan Penelitian dalam Pendidikan
Bab 11 Model Penelitian Tentang Problema Guru
Bab 12 Model Penelitian Tentang Peranan Kepala Sekolah dalam Memperlancar Pembaharuan Pendidikan
Bab 13 Model Penelitian Tentang Cara Memperbaiki Tingkah Laku dalam Mengajar

BAGIAN IV
PROBLEMA MANAJEMEN DAN KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM
Bab 14 Pendidikan Agama, Sarana, Fasilitas, dan Lingkungan Pendidikan
Bab 15 Profesionalisme Pendidikan dalam Pengelolaan Madrasah
Bab 16 Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah dan Luar Sekolah
Bab 17 Orientasi Pengembangan Sistem Pendidikan Raudhatul Athfal,
Bab 18 Bahan-Bahan Pemikiran tentang Metode Pendidikan Agama pada Perguruan Tinggi

BAGIAN V
PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI SUBSISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Bab 19 Pendidikan Agama dalam Lingkup Pendidikan Nasional
Bab 20 SKB 3 Mentri Tahun 1975 dan Kebijaksanaan Pemerintah dalam Pembinaan Madrasah dan Pondok Pesantren
Bab 21 Perumusan Tujuan dan Pembinaan/PenyelenggaraanPondok Pesantren dalam Masa Pembangunan
Bab 22 Sistem dan Metode Pendidikan pada Pondok Pesantren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar