![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhM-P907ihSC48atz88atg7GPcWfP39Ph97H90i3YVVkVhx6TMPV7r-i9_zUcAFU0PEMRHFZjLTtBac16BBMqfcq-0Uz2Zyic7-zMsZ1stGtqSONZuYaQYD216lYoTgaoRuRJGp3Of7Y8ao/s320/moral&budipekerti.jpg)
Penerbit : Bumi Aksara, 276 hlm
Tahun : 2007
Harga : Rp. 83.000,- disc 10% Rp. 74.700,-
Sinopsis
Semakin tingginya kasus amoral/asusila yang terjadi di Indonesia, mulai dari korupsi, kolusi, penggunaan narkoba, sampai dengan tawuran antarsekolah, MBA (married by accident), dan berbagai kasus lainnya merupakan fenomena yang mengandung keprihatinan. Dalam kondisi seperti ini, dunia pendidikan menjadi sorotan. Pendidikan dinyatakan telah gagal mencetak generasi yang cerdas secara intelegensi, emosional, dan spiritual.
Masalah ini seharusnya bukan dijadikan wacana perdebatan untuk menentukan siapa yang salah dan siapa yang harus bertanggung jawab, namun harus menjadi bahan pemikiran untuk mencari solusi tepat sebagai upaya mengatasinya. Bagi sektor pendidikan, sudah saatnya membuat inovasi cerdas dalam sistem pendidikan.
Suara kepedulian yang meneriakkan pentingnya diangkat kembali pendidikan moral dan budi pekerti yang sebaiknya diintegrasikan menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah sepertinya harus menjadi perhatian.
Lalu, apa dan bagaimana sistem pembelajaran budi pekerti yang tepat untuk diterapkan di indonesia?
Daftar Isi :
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Sejarah Perkembangan Pemikiran Budi Pekerti
B. Teori Pengembangan Moral dalam Pendidikan Budi Pekerti
C. Pendidikan Budi Pekerti dalam Proses Edukasi dan Transformasi
D. Pendidikan Budi Pekerti di era Reformasi-Globalisasi
BAB 2 HAKIKAT PENDIDIKAN MORAL DAN BUDI PEKERTI
A. Pengertian Pendidikan Budi Pekerti, Afektif, Nilai, Moral, dan Karakter
B. Format Pendidikan Moral Versi Ke-Indonesiaan
C. Ruang Lingkup Materi dan Substansi Pendidikan Budi Pekerti
D. Persamaan Nilai Budi Pekerti pada Jenjang Pendidikan Formal
BAB 3 PLATFORM PENDIDIKAN BUDI PEKERTI
A. Visi dan Misi pendidikan Budi Pekerti
B. Tujuan dan Sasaran Pendidikan Bud Pekerti
C. Scope Nilai dan Sifat-sifat Budi pekerti
D. Pendekatan an Startegi Pendidikan Budi Pekerti
E. Metode dan Model Pendidikan Budi pekerti
F. Penilaian Pendidikan Bidi Pekerti
BAB 4 URGENSI PENDIDIKAN MORAL DAN BUDI PEKERTI
A. Kegunaan dan Fungsi Pendidikan Budi Pekerti
B. Tugas dan Peran Guru dalam Pendidikan Budi Pekerti
C. Pendidikan Budi pekerti dan Pembangunan Moral Bangsa
BAB 5 MENURUT PASANG SURUT PENDIDIKAN MORAL DAN BUDI PEKERTI
A. Pendidikan Budi Pekerti Upaya Mendidik Manusia Seutuhnya
B. Pengajaran Budi Pekerti Versi Ki Hajar Dewantara
C. Kiprah Teman Siswa dalam Membangun Budi Pekerti Berbasis Religiusitas
BAB 6 PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DAN PPKn DI MASA KINI
A. Rasionalisasi Pendidikan Budi Pekerti dalam PPKn
B. Integrasi Pendidikan Budi Pekerti dalam PPKn
C. Pengembangan Kepribadian Budi Pekerti dalam Kepribadian di Masa Kini
D. Deskripsi dan Arah Pembelajaran PPKn Masa Depan
BAB 7 MENGGAGAS PENDIDIKAN BUDI PEKERTI MASA DEPAN
A. Problematika Pendidikan Moral dan Budi Pekerti
B. beberapa Catatan Kritis Tehadap Pendidikan Budi pekerti di Sekolah
C. Inovasi Pendidikan Budi Pekerti yang Kontekstual dan Futuristik
BAB 8 KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI LINGKUNGAN PERSEKOLAHAN
A. Sekilas tentang Kurikulum berbasis Kompetensi
B. Kurikulum Pendidikan Budi Pekerti Tingkat SD
C. Kurikulum Pendidikan Budi Pekerti Tingkat SMP/MTs
D. Kurikulum Pendidikan Budi Pekerti Tingkat SMA/MA/MK
okkk
BalasHapus