Pemesanan : Telp / WhatsApp : 0812.8548.2719 ***Discount Everyday!***

Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi

Pengarang : Prof. Dr. Oemar Hamalik
Penerbit : Bumi Aksara, 200 hlm.
Tahun :  2008
Harga : Rp. 56.000,- disc 10% Rp. 50.400,-




Sinopsis

Bagaimana mencetak guru yang berkualitas dan profesional, masih menjadi pertanyaan yang menarik untuk terus dikaji. Langkah- langkah yang sistematis perlu dilakukan untuk menyiapkan guru yang berkompetensi tinggi. Sehingga peranannya dalam kegiatan belajar mengajar dapat diandalkan.


Faktor kunci kebehasilan peningkatan kualitas pendidikan adalah sistem pendidikan. Di mana kualitas pendidikan guru akan berdampak pada tinggi rendahnya mutu pendidikan. Sedangkan kualitas pendidikan tidak terlepas dari kontribusi komponen- komponen sistem pendidikan guru. Komponen-komponen itu adalah : siswa calon guru, pendidik, pembimbing calon guru, kurikulum, strategi pembelajaran, media instruksional, sarana dan prasarana, waktu dan dana, serta masyarakat dan sosial budaya.

Buku ini berisi materi dasar yang ditulis secara ringkas. Untuk itu diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi mahasiswa pendidikan, khususnya yang sedang menekuni bidang pengembangan kurikulum.

Daftar Isi :

Bab 1 Pendahuluan
A. Apakah Profesi Itu?
B. Profesi Pendidikan
C. Konsep Sistem Pendidikan Guru
D. Kesimpulan

Bab 2 Masalah Guru dan Pengembangan kurikulum
A. Pendahuluan
B. Guru dan Pengembangan Kurikulum
C. Pendekatan perencanaan Kurikulum
D. Tenaga Profesional dan Nonprofesional
E. Kesimpulan

Bab 3 Kompetensi Profesi guru
A. Pendahuluan
B. Karakteristik Kompetensi guru
C. Pengembangan Kompetensi guru
D. Kesimpulan

Bab 4 Kriteria Kurikulum Pendidikan Guru
A. Pendahuluan
B. Beberapa Kriteria Kurikulum
C. Implikasi terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Guru
D. Kesimpulan

Bab 5 Konsep PBTE dan Desain Instruksional
A. Pendahuluan
B. lemen-Elemen PBTE yang Esensial
C. Karakteristik PBTE
D. Desain Sistem Instruksional
E. Kesimpulan

Bab 6 Program Pendidikan Guru
A. Pendahuluan
B. Komponen-Komponen Pengetahuan guru
C. Organisasi Program Pendidikan Guru
D. Kesimpulan

Bab 7 Startegi Instruksional dalam Proses Pendidikan
A. Pendahuluan
B. Paket kegiatan Belajar
C. Pendekatan Laboratiri
D. Diskoveri
E. Simulasi
F. Kesimpulan

Bab 8 Pengajaran Mikro dalam Proses Pendidikan Guru

Bab 9 Beberapa Model Praktek Kependidikan
A. Pendahuluan
B. Model Pengajaran Mikro
C. Model Latihan Intership (Intership Training)
D. Model Pengalaman Lapangan
E. Model Latihan guru Pendidikan Pedesaan
F. Model Latihan Guru Sistematik
G. Kesimpulan

Bab 10 Evaluasi Pendidikan Guru
A. Pendahuluan
B. Kriteria Institusional
C. Kriteria Proses
D. Kriteria Produk
E. Kesimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar