Pemesanan : Telp / WhatsApp : 0812.8548.2719 ***Discount Everyday!***

PERENCANAAN PENGAJARAN BERDASARKAN PENDEKATAN SISTEM

Pengarang : Prof. Dr. Oemar Hamalik
Penerbit : Bumi Aksara, 252 hlm
Tahun :  2006
Harga : Rp. 68.000,- disc 10% Rp. 61.200,-







Sinopsis

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang melalui upaya pengajaran dengan menitikberatkan pada pembentukan dan pengembangan kepribadian. Dalam upaya pengajaran, perumusan tujuan menjadi utama dan tujuan yang telah ditetapkan. Itulah sebabnya, proses pengajaran harus direncanakan dan sistem pengajaran selalu mengalami tiga tahap, yaitu tahap analisis (menentukan dan merumuskan tujuan), tahap sintesis (perencanaan proses yang akan ditempuh), dan tahap evaluasi (mengevaluasi tahap pertama dan tahap kedua).


Pendekatan sistem merupakan perangkat alat atau teknik yang berbentuk kemampuan dalam merumuskan tujuan secara operasional, mengembangkan deskripsi tugas-tugas. Ciri-ciri pendekatan sistem pengajaran ada dua. Pertama, pendekatan sistem merupakan pendapat yang mengarah pada proses belajar dan mengajar, yang memungkinkan siswa dan guru saling berinteraksi. Kedua, penggunaan metode khusu untuk mendesain sistem pengajaran.

Buku ini ditulis oleh Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia Bandung ini disajikan secara dialektis dengan didukung oleh data-data kepustakaan yang memadai. Penulis mampu menjelskan dengan baik dasar, kedudukan, model, tujuan, bahan, prosedur, startegi, dan perencanaan pengajaran berdasarkan pada pendekatan sistem.

Daftar Isi :

Bab 1 Dasar Sistem Pengajaran
A. Pendekatan Sistem
B. Sistem pengajaran
C. Masalah-asalah Pengajaran dan Pemecahannya
D. Strategi Dasar Merancang Sistem pengajaran

Bab 2 Kedudukan Sistem Pengajaran di Sekolah
A. Sekolah Sebagai Suatu Sistem Sosial
B. Kurikulum Sekolah
C. Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)
D. Ciri-Ciri Siswa
E. Ciri-Ciri Guru Profesional

Bab 3 Model-odel Perencanaan Pengajaran
A. Perencanaan Pengajaran Versi PBTE
B. Perencanaan Pengajaran Sistematis
C. Perencanaan Pengajaran Model Davis
D. Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI)

Bab 4 Pekerjaan, Tugas, Mata Ajaran, Topik
A. Menuju ke Perencanaan Pengajaran
B. Pengkajian Pekerjaan
C. Pengkajian Mata Ajaran (Subject Analysis)
D. Jaringan Kerja Silabi (Syalabi Network atau Pert Charts)
E. Pengkajian Tugas
F. Pengkajian Topik

Bab 5 Tujuan Pengajaran
A. Konsep Tujuan Pengajaran
B. Komponen-Komponen Tujuan Pengajaran
C. Kegunaan Tujuan Pengajaran
D. Klasifikasi Tujuan Pendidikan
E. Tingkat-Tingkat Tujuan Pendidikan
F. Merumuskan Tujuan Tingkah Laku
G. Teknik Merumuskan Tujuan Pengajaran

Bab 6 bahan Pengajaran
A. Pendekatan untuk Mengeksplorasi Isi Kurikulum
B. Identifikasi Bahan Pengajaran

Bab 7 Prosedur Pengajaran
A. Belajar dan MOtivasi
B. Pengajaran Konsep
C. Pengajaran Prinsip
D. Pengajaran Keterampilan
E. Pengajaran Kreativitas

Bab 8 Startegi Pengajaran dan Media Pengajaran
A. Pengajaran Ekspositif (Expositive Classroom Instruction)
B. Pengajaran Discovery dalam kelas
C. Teknik Pengajaran Kelompok Kecil
D. Sistem Belajar Siswa terbimbing
E. Metode Instruksi Sendiri dengan Programa (Programmed Sel-Instructional Methods)
F. Metode Latihan dalam Instruksi (MLDI) (Training Within Industry)
G. Teknik Simulasi
H. Metode Studi Kasus
I. Metode Bermain Peranan
J. Media Pengajaran

Bab 9 Bab 9 Evaluasi, Kontrol, dan Perbaikan
A. Evaluasi Pengajaran
B. Teknik-Teknik Evaluasi
C. Strategi Kontrol Pengajaran
D. Startegi Perbaikan Pengajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar